Jumat, 19 April 2013

Tips mahir pemrograman

      Artikel -17

          Setiap manusia mempunyai perbedaan kecerdasan. Perbedaan itu bukan menjadi alasan agar manusia bisa menjadi lebih pintar dengan cara-cara khusus yang bisa bikin manusia menjadi manusia yang paling berguna.
Pada sudut pandang seorang IT, Human IT saat ini sudah banyak beredar diseluruh pelosok nusantara bahkan dunia. Salah satunya yang berkecimpung di bidang programming dari basicly Basic, Pascal pada environment “DOS”  sampai berbasis GUI/Visual misalkan Visual Basic, Delphi, Java, Visual C++, Visual C# pada envorintment “window” yang berada pada level advanced.
Setiap Programmer punya trik-trik jitu untuk mengembangkan kemampuan dalam pemrograman.
Disini, saya akan memberikan trik-trik khusus, bagaimana cara cepat dalam belajar pemrograman :



1.Belajar pemrograman dapat kita awali dengan belajar Penalaran atau Logika yang sistematis
       Contoh sederhana :”Bagaimana Luas suatu bangun persegi dapat dicari ????” yang pertama dengan logika coba kita selesaikan permasalahan diatas, yang pertama kita harus tahu terlebih dahulu bentuk dari bangun persegi, setelah tahu lanjutkan dengan mencari komponen apa saja yang terdapat pada bangun tersebut. Ada garis yang memanjang kita sebut dengan komponen “panjang” dan garis vertikal yang kita sebut dengan komponen “lebar”. Setelah kita tahu baru kita coba lebih memahami arti dari luas persegi. Luas berarti ada komponen panjang dan komponen lebar yang harus dihitung, mudah saja karena Luas kita tinggal kalikan saja dua komponen tersebut, maka Luas persegi bisa ditemukan.

2.Fokuskan memakai 1 tool pemrograman yang akan anda pelajari jangan lebih.
          Karena apa, jika kita bisa fokus pada 1 tool telebih dahulu, otomatis dalam pikiran kita yang jalan hanya tool itu saja untuk kita pelajari dengan serius.

3. Mulailah memasuki awal dalam pemrograman 
         Yaitu mencari source contoh-contoh membuat program dengan memakai 1 tool pemrograman tersebut. Latihlah terus, jika referensi itu buku, maka pelajari dan coba membuat program yang ada dalam 1 buku tersebut.

4. Dari mencoba tersebut, tidaklah meninggalkan yang namanya “ERROR”. Error apa itu?
          Error itu  bisa mengenai tata cara penulisan syntak, itu pasti. Belajarlah dengan mengetahui penyelesaian  jika ada error. Dengan berulang kali mendapatkan pengalaman mendapatkan jenis “Error”, usahakan dengan keras untuk dapat menemukan solusi pemecahannya. Solusi itu jika mampet bisa mencoba surfing di internet. Tetapi tanpa surfing, browsing di internet. Insyaallah dengan perkembangan pengalaman kita dalam memecahkan error yang ada, error itu bisa kita pecahkan dengan sempurna, karena umumnya error pada penulisan program ya seperti itu-itu saja.

5. Setelah sudah terbiasa (* akhirnya hafal syntak) dan lancar dalam membuat program
           Maka kesulitan- kesulitan memprogram tidaklah menjadi hambatan yang serius.

6. Dan tips terakhir, cobalah mencari proyek (* Aplikasi program sederhana sampai pada aplikasi yang       berbasis database desktop)
           Baik menawarkan pada teman, saudara, maupun kantor atau instansi yang membutuhkan sebuah program dari anda. Insyaallah dengan adanya proyek maka pengalaman dari tips no. 4 sampai no.5 semakin bertambah dan bertambah lagi. Sehingga anda bisa disebut sebagai programmer yang mahir pada 1 tool pemrograman tadi.

7. Selesai….

http://dhansipp.wordpress.com/2009/11/06/tips-mahir-pemrograman/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar