Senin, 08 April 2013

Penjelasan Kekurangan dan kelebihan MySQL,Interbase,MS SQL,dan Oracle

Artikel -14
 
MySQL sebagai salah satu DBMS(database management system) memiliki keunggulan dan fitur fitur sebagai berikut:
1.       Adanya dukungan SQL
2.       Lebih handal ,cepat dan Mudah digunakan.
3.       Adanya Multiplatform dan protable,MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem Operasi seperti Windows,Linux,FreeBSD,Mac Os X server,Solaris,Amiga,dan masih banyak lagi .
4.       Perangkat lunak yang open source.MySQL didistribusikan sebagai perangkat lunak Open source,dibawah lisensi GPL sehingga digunakan secara gratis.
5.       Multi-User.MySQL dapat digunakan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami crash.
6.       ‘Performance Tuning’, MySQL memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query sederhana,dengan kata lain dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.
7.       Ragam tipe data MySQL sangat banyak,seperti signed unsigned integer,float,double,char,text,date,timestamp,dan lain lain.
8.       Perintah dan fungsi MySQL memliki operator dan fungsi secara penuh mendukung perintah select dan where dalam perintah (query).
9.       Security.MySQL memiliki beberapa lapisan keamanan seperti level subnetmask,nama host,dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail serta sandi terenkripsi.
10.   Skalabilitas dan pembatasan, MySQL mampu menangani database dalam skala besar,dengan jumlah rekaman(records) lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabelserta 5 milyar baris.selain itu batas indeks yang didapat ditampung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya.
11.   Konektivitas , MySQL dapat melakukan koneksi dengan klien menggunakan protokol TCP/IP ,Unix soket (UNIX),atau Named Pipes(NT).
12.   MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan pada klien dengan menggunakan lebih dari 20 bahasa.meskipun demikian ,bahasa indonesia belum termasuk didalamnya.
13.   Interface, MySQL memiliki antar muka terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Application programming interface).
14.   Client and Tools,MySQL dilengkapi dengan berbagai peralatan yang dapat digunakan untuk administrasi database,dan pada setiap peralatan yang ada disertakan petunjuk online.
15.   Table structure,MySQL memiliki struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE ,dibandingkan database lainnya semacar PostgreSQL ataupun Oracle.
Kelemahan MySQL :
1.       Kelemahan MySQL adalah ‘Feature Creep’.
2.       Data yang ditangani belum besar.
3.       Untuk konesi ke bahasa pemrograman visual seperti VB,Delphi,dan foxpro ,MySQL kurang suport. Karena koneksi ini menyebabkan field yang dibaca harus sesuai dengan koneksi dari program visual tersebut, dan ini menyebabkan MySQL jarang dipakai dalam program visual.



Kelebihan dan Kelemahan Oracle :
-          Fungsi, Database Oracle yang digunakan untuk hampir semua aplikasi di tingkat perusahaan. Dengan demikian, database Oracle mendominasi industri perbankan. Sepuluh bank top dunia menggunakan database Oracle untuk melakukan bisnis mereka. Hal ini terutama karena fungsi Oracle. Mereka menyediakan kombinasi tinggi tingkat teknologi dan solusi bisnis yang terintegrasi. Ini adalah sempurna untuk hampir semua perusahaan yang memiliki data dalam jumlah besar untuk menyimpan dan mengakses.
-          Kepuasan Pelanggan, Salah satu keuntungan menggunakan database Oracle adalah karena pelayanan Oracle dalam melayani kepuasan pelanggan. Sebagai contoh, semua database Oracle yang kompatibel. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk meng-upgrade sistem mereka tanpa melakukan perombakan total pada sistem database mereka. Hal ini membuat update menjadi lebih efisien dan rendah biaya. Selain itu, versi terbaru dari database Oracle menyediakan fitur baru sementara untuk menjaga fitur populer dari versi lama. Hal ini memastikan bahwa produk mereka didasarkan pada fungsi pelanggan daripada apa adalah biaya-efektif untuk Oracle.
-          Handal, Keuntungan lain yang tidak kalah penting yang ditawarkan oleh database Oracle adalah kehandalan mereka. Oracle adalah database yang memberikan kinerja yang sangat baik ketika ditantang dengan tugas-tugas berat. Seperti Tes ASAM, yang merupakan alat penting yang digunakan untuk memastikan integritas data yang tersimpan, dengan mudah disahkan oleh database Oracle. Tes ini penting karena dapat diandalkan penyimpanan data adalah tujuan utama dari database. Dengan demikian, database Oracle telah terbukti memberikan integritas yang tinggi penyimpanan data.
-          Teknologi Flashback, Database Oracle menggabungkan teknologi Flashback, yang merupakan keuntungan yang signifikan. Dalam suatu hal outage pada aplikasi yang dikarenakan sejumlah alasan, menjadi penting untuk tidak kehilangan data yang tersimpan pada sistem database. Flashback teknologi Oracle memungkinkan untuk pemulihan data yang efisien salah dihapus atau hilang. Dengan demikian, teknologi Flashback dasarnya menghilangkan kesalahan manusia dan meningkatkan waktu pemulihan database. Pada akhirnya, fitur ini memungkinkan untuk menyederhanakan manajemen dan proses administrasi.
Kekurangan Oracle :
-          Ketidakcocokan dan Kompleksitas, Salah satu kelemahan utama dari Oracle SQL adalah inkonsistensi dan ketidakcocokan data dalam bidang waktu dan sintaks tanggal, penggabungan string dan sensitivitas kasus. Bahasa adalah kompleks, dengan pendekatan kata kunci serupa dalam struktur COBOL (umum berorientasi bisnis bahasa), dengan sintaks yang lebih sedikit dan aturan tata bahasa.
-          Fungsi yang terbatas, SQL adalah bahasa domain yang spesifik atau tujuan khusus, dan penggunaannya terbatas pada domain program khusus. Pernyataan SQL dioperasikan pada tabel dan set data, seperti database personil dan spreadsheet akuntansi. SQL adalah bahasa deklaratif domain tertentu yang terbatas pada representasi data dalam bentuk tabel.
-          Ketidakmampuan untuk Melaksanakan Pengolahan Rekursif, Pengolahan Rekursif adalah jenis fungsi komputer (atau program) di mana salah satu langkah dari sebuah program (atau prosedur) tayangan ulang seluruh program (atau prosedur). SQL tidak memiliki konstruksi perulangan yang umum di tingkat tinggi lainnya bahasa pemrograman, seperti untuk dan apa loop. Hal ini tidak dapat mengulangi tindakan dan tidak ada cara untuk mendefinisikan konstruksi perulangan berulang di SQL.


Kelebihan MS SQL :
·         Cocok untuk perusahaan dengan skala kecil, menengah, dan besar sehingga mampu untuk mengolah data dengan jumlah yang besar.
·         Memiliki kemampuan untuk management user dan tiap user bisa diatur hak akses terhadap suatu database oleh database administrator.
·         Untuk diterapkan pada pembangunan suatu program aplikasi, akan mudah dalam melakukan koneksi dengan computer client yang pembangunan aplikasinya menggunakan software yang sama platform dengan MS-SQL, misalnya Microsoft Visual Basic.
·         Memiliki tingkat pengamanan / security data yang baik.
·         Memiliki kemampuan untuk back-up data, rollback data, dan recovery data.
·         Memiliki kemampuan untuk membuat database mirroring dan clustering.
Kekurangan MSSQL :
·         Hanya dapat diimpelementasikan pada 1 unit server, jika terdapat tambahan server maka hanya akan berfungsi sebagai pasif / standby server (tidak memiliki kemampuan Technology Cluster Server seperti halnya pada DMBS Oracle).
·         Hanya bisa berjalan pada satu platform system operasi yaitu Microsoft Windows.
·         Merupakan software berlisensi dan berharga mahal untuk perusahaan skala kecil dan menengah.

Kelebihan Interbase  :
  • Updatable Views;
  • Two-phase commit;
  • Efficient trigger mechanism;
  • Server processing of BLOB fields (BLOB filters);
  • Events (notifications);
  • Encryption of network traffic, databases, backup files, and individual database columns.
Kekurangan Interbase : 
- There is no need to support transaction log after a system failure to restore Interbase databases. 
- Clients who read data never block clients who record data. 
http://seluruhberita.blogspot.com/2012/03/penjelasan-kekurangan-dan-kelebihan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar