Jumat, 28 Desember 2012

Object, Event dan Propeties pada Visual Basic


Artikel -18

Object, Event dan Propeties pada Visual Basic

·         Object

Object merupakan suatu kombinasi dari kode dan data yang dapat diperlukan sebagai satu kesatuan. Suatu object dapat merupakan bagian dari aplikasi seperti suatu Control atau suatu Form. Secara keseluruhan dari aplikasi dapat juga berupa suatu object. 

Setiap object pada VB didefenisikan oleh suatu class. Untuk memahami hubungan antar object dengan class-nya. Kontrol-kontrol yang berada pada jendela Toolbox  pada VB merupakan class-class. Object tersebut di kenal sebagai kontrol.

Misalnya anda menamakan sebuah texbox diatas Form1, coba perhatikan jendela properti kontrol tersebur akan menampilkan text1 (nama dari kontrol textbox tersebut) dan Textbox (nama dari class  kontrol tersebut). Semua object merupakan duplikasi dari class mereka. Sesaat setelah menjadi object berdiri sendiri, masing-masing dapat memiliki property yang berbeda-beda. 

Object-object VB memiliki properti-properti, metode-metode dan event-event. Pada VB, suatu data dari object (setting dan attribut) disebut sebagai property, sedangkan berbagai subrutin yang dapat beroperasi pada object tersebut disebut sebagai metodenya. Dan suetu event adalah aksi yang dekenali oleh suatu object, seperti click pada mouse atau penekanan tombol sehingga anda dapat menulis kode untuk menangani event tersebut.


·         Event

VB merupakan bahasa pemograman Event Driven yang artinya menuggu sampai adanya respon dari pemakai berupa kejadian tertentu, misalnya object tersorot, Click, Move, Resize,dll. Ketika Event terdeteksi, maka event yang berhubungan akan melakukan aksi sesuai dengan kode yang diberikan. 

Event adalah kejadian atau tindakan apa yang diberikan atau diterima oleh suatu objek. Suatu object bias memiliki banyak event yang pasti bisa sama dan bisa berbeda.

Cara membuat suatu event cukup double click saja Object/Kontrol yang terletak pada form. Sehingga akan terbentuk dua jenis kotak (ex. Button1 & Click). Kotak Button1 tersebut merupakan kumpulan dari object sedangkan Kotak Click tersebut adalah event-event tang di butuhkan.


·         Propeties

Properties window berfungsi untuk mengatur tampilan pada suatu komponen yang terpilih/aktif. Masing-masing komponen memiliki daftar property dan cirri-ciri yang berbeda.

Anda dapat langsung mengatur nilai propeti suatu Control pada jendela properties, maupun pada saat runtime (program berjalan) dengan menggunakan bentuk penulisan.
Object.properties=ekspresi/setting.

 
 http://ilmukomputer.org/2008/11/25/object-event-propeties-pada-visual-basic/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar