Minggu, 30 Juni 2013

SISTEM INFORMASI PENDAPATAN TAMU PADA PERMATA INDAH KARAOKE(1)


(Form Menu Utama Dan Form Tamu)

Design Form Utama

Listing Program

Public Class Form1

    Private Sub DataTamuToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles DataTamuToolStripMenuItem.Click
        Form2.Show()
    End Sub

    Private Sub DataPesananToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles DataPesananToolStripMenuItem.Click
        Form3.Show()
    End Sub

    Private Sub DataLayananToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles DataLayananToolStripMenuItem.Click
        Form4.Show()
    End Sub

    Private Sub DataRuanganToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles DataRuanganToolStripMenuItem.Click
        Form5.Show()
    End Sub

    Private Sub KeluarProgramToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles KeluarProgramToolStripMenuItem.Click
        End
    End Sub

    Private Sub LapTamuToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles LapTamuToolStripMenuItem.Click
        Dim laporan As New CrystalReport1
        cetak1.CrystalReportViewer1.ReportSource = laporan
        cetak1.Show()
    End Sub

    Private Sub LapPesananToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles LapPesananToolStripMenuItem.Click
        Dim laporan As New CrystalReport2
        cetak2.CrystalReportViewer1.ReportSource = laporan
        cetak2.Show()
    End Sub

    Private Sub LapLayananToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles LapLayananToolStripMenuItem.Click
        Dim laporan As New CrystalReport3
        cetak3.CrystalReportViewer1.ReportSource = laporan
        cetak3.Show()
    End Sub

    Private Sub LapRuanganToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles LapRuanganToolStripMenuItem.Click
        Dim laporan As New CrystalReport4
        cetak4.CrystalReportViewer1.ReportSource = laporan
        cetak4.Show()
    End Sub
End Class



Listing Program Module

Imports System.Data.OleDb
Module Module1
    Public DB As OleDbConnection
    Public CMD As OleDbCommand
    Public ADP As OleDbDataAdapter
    Public DR As OleDbDataReader
    Public DS As New DataSet
    Public SQL As String

    Public Sub Opendb()
        Dim LOKASI = "Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0;Data Source =C:\vb4\karaoke.mdb"
        DB = New OleDbConnection(LOKASI)
        If DB.State = ConnectionState.Closed Then
            DB.Open()
        End If
    End Sub

    Sub tampilrecord(ByVal NamaTabel As String, ByVal obj As DataGridView)
        ADP = New OleDbDataAdapter("select * from " & NamaTabel, DB)
        DS = New DataSet
        ADP.Fill(DS, NamaTabel)
        obj.DataSource = DS.Tables(NamaTabel)
    End Sub

    Sub clearfrom(ByVal frm As Form)
        Dim ctrl As Control
        Dim txtcontrol As TextBox
        Dim cmbcontrol As ComboBox
        For Each ctrl In frm.Controls
            If TypeOf ctrl Is TextBox Then
                txtcontrol = ctrl
                txtcontrol.Text = ""
            ElseIf TypeOf ctrl Is ComboBox Then
                cmbcontrol = ctrl
                cmbcontrol.Text = ""
            End If
        Next
    End Sub
End Module


Design Dan Hasil Setelah Dijalankan

Listing Program

Imports System.Data.OleDb
Public Class Form2
    Dim SQL As String

    Sub buttonbaru()
        Btnbaru.Enabled = True
        Btnsimpan.Enabled = False
        Btnedit.Enabled = False
        Btnhapus.Enabled = False
        Btnbatal.Enabled = False
        Btnkeluar.Enabled = True
    End Sub

    Sub buttonedit()
        Btnbaru.Enabled = False
        Btnsimpan.Enabled = False
        Btnedit.Enabled = True
        Btnhapus.Enabled = True
        Btnbatal.Enabled = True
        Btnkeluar.Enabled = False
    End Sub

    Sub buttonsimpan()
        Btnbaru.Enabled = False
        Btnsimpan.Enabled = True
        Btnedit.Enabled = False
        Btnhapus.Enabled = False
        Btnbatal.Enabled = True
        Btnkeluar.Enabled = False
    End Sub

    Sub HapusText()
        Call clearfrom(Me)
        Call buttonbaru()
    End Sub

    Private Sub Btnhapus_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Btnhapus.Click
        Call prosesdb(2)
    End Sub

    Private Sub Btnbaru_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Btnbaru.Click
        Call HapusText()
        No_Bukti.Focus()
    End Sub

    Private Sub Btnkeluar_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Btnkeluar.Click
        Me.Close()
    End Sub

    Sub tampilkodePesanan()
        Kd_Pesan.Items.Clear()
        SQL = "select * from Pesanan"
        CMD = New OleDbCommand(SQL, DB)
        DR = CMD.ExecuteReader
        While DR.Read
            Kd_Pesan.Items.Add(DR("Kd_Pesan"))
        End While
        DR.Close()
    End Sub

    Sub tampilkodePaket()
        Kd_Paket.Items.Clear()
        SQL = "select * from Paket"
        CMD = New OleDbCommand(SQL, DB)
        DR = CMD.ExecuteReader
        While DR.Read
            Kd_Paket.Items.Add(DR("Kd_Paket"))
        End While
        DR.Close()
    End Sub

    Sub tampilkoderuangan()
        Kd_Ruangan.Items.Clear()
        SQL = "select * from ruangan"
        CMD = New OleDbCommand(SQL, DB)
        DR = CMD.ExecuteReader
        While DR.Read
            Kd_Ruangan.Items.Add(DR("Kd_Ruangan"))
        End While
        DR.Close()
    End Sub

    Private Sub Form2_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        Call Opendb()
        Call HapusText()
        Call tampilrecord("tamu", DataGridView1)
        Call tampilkodePesanan()
        Call tampilkodePaket()
        Call tampilkoderuangan()
    End Sub

    Private Sub No_Bukti_KeyPress(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles No_Bukti.KeyPress
        Dim tombol As Integer = Asc(e.KeyChar)
        Dim xkode As String
        Dim xkd As String = ""
        Dim xkdPaket As String = ""
        Dim xkdruangan As String = ""
        If tombol = 13 Then
            SQL = "SELECT *FROM tamu where No_Bukti='" & No_Bukti.Text & "'"
            CMD = New OleDbCommand(SQL, DB)
            DR = CMD.ExecuteReader
            DR.Read()

            If DR.HasRows = True Then
                Nama.Text = DR.Item(1)
                No_Hp.Text = DR.Item(2)
                xkd = DR.Item(3)
                Harga.Text = DR.Item(4)
                xkdPaket = DR.Item(5)
                Jlh_Orang.Text = DR.Item(6)
                Lm_Waktu.Text = DR.Item(7)
                xkdruangan = DR.Item(8)
                Jenis.Text = DR.Item(9)
                Call buttonedit()
                MsgBox("Data ditemukan...! ")
            Else
                xkode = No_Bukti.Text
                Call HapusText()
                No_Bukti.Text = xkode
                Kd_Paket.Text = xkdPaket
                Kd_Ruangan.Text = xkdruangan
                Call buttonsimpan()
            End If
            DR.Close()
            Nama.Focus()
            Kd_Pesan.Text = xkd
            Kd_Paket.Text = xkdPaket
            Kd_Ruangan.Text = xkdruangan
        End If
    End Sub

    Private Sub Btnbatal_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Btnbatal.Click
        Call HapusText()
        No_Bukti.Focus()
    End Sub

    Private Sub Btnedit_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Btnedit.Click
        Call prosesdb(1)
    End Sub

    Private Sub Btnsimpan_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Btnsimpan.Click
        Call prosesdb(0)
    End Sub

    Private Sub Kd_Pesan_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Kd_Pesan.SelectedIndexChanged
        SQL = "SELECT *FROM Pesanan where Kd_Pesan='" & Kd_Pesan.Text & "'"
        CMD = New OleDbCommand(SQL, DB)
        DR = CMD.ExecuteReader
        If DR.HasRows Then
            DR.Read()
            Pesan.Text = DR("Nm_Pesan")
        End If
    End Sub

    Private Sub Kd_Paket_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Kd_Paket.SelectedIndexChanged
        SQL = "SELECT *FROM Paket where Kd_Paket='" & Kd_Paket.Text & "'"
        CMD = New OleDbCommand(SQL, DB)
        DR = CMD.ExecuteReader
        If DR.HasRows Then
            DR.Read()
            Paket.Text = DR("Nm_Paket")
        End If
    End Sub

    Sub prosesdb(ByVal aktifitas As Byte)
        Select Case aktifitas
            Case 0
                SQL = "INSERT INTO tamu(No_Bukti, Nama, No_Hp, Pesan, Harga, Paket, Jlh_Orang, Lm_Waktu, Ruangan, Jenis) " & _
                     " values('" & No_Bukti.Text & "','" & _
                                    Nama.Text & "','" & _
                                    No_Hp.Text & "','" & _
                                    Pesan.Text & "','" & _
                                    Harga.Text & "','" & _
                                    Paket.Text & "','" & _
                                    Jlh_Orang.Text & "','" & _
                                    Lm_Waktu.Text & "','" & _
                                    Ruangan.Text & "','" & _
                                    Jenis.Text & "')"
            Case 1
                SQL = "UPDATE tamu SET Nama='" & Nama.Text & "'," & _
                            "No_Hp='" & No_Hp.Text & "'," & _
                            "Pesan='" & Kd_Pesan.Text & "'," & _
                            "Harga='" & Harga.Text & "'," & _
                            "Paket='" & Kd_Paket.Text & "'," & _
                            "Jlh_Orang='" & Jlh_Orang.Text & "'," & _
                            "Lm_Waktu='" & Lm_Waktu.Text & "'," & _
                            "Ruangan='" & Kd_Ruangan.Text & "'," & _
                            " Jenis='" & Jenis.Text & "' " & _
                            " Where No_Bukti='" & No_Bukti.Text & "'"
            Case 2
                SQL = "DELETE *FROM tamu Where No_Bukti='" & No_Bukti.Text & "'"
        End Select
        CMD = New OleDbCommand(SQL, DB)
        CMD.ExecuteNonQuery()
        Call HapusText()
        Call tampilrecord("tamu", DataGridView1)
        Call tampilkodePesanan()
        Call tampilkodePaket()
        Call tampilkoderuangan()
    End Sub

    Private Sub Kd_Ruangan_SelectedIndexChanged_1(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Kd_Ruangan.SelectedIndexChanged
        SQL = "SELECT *FROM ruangan where Kd_Ruangan='" & Kd_Ruangan.Text & "'"
        CMD = New OleDbCommand(SQL, DB)
        DR = CMD.ExecuteReader
        If DR.HasRows Then
            DR.Read()
            Ruangan.Text = DR("Nm_Ruangan")
        End If
    End Sub
End Class


Hasil Laporan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar